No image available for this title

Text

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasalam)



AGIT NUR SEPDIANA. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa dengan Pendekatan Problem Based Learning di SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 5 siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasalam, yang dipilih dari masing-masing kategori kemampuan pemecahan masalah matematis secara purposive sampling. Subjek dipilih dengan mempertimbangkan penjelasan guru mengenai kemampuan siswa mengemukakan pendapat atau jalan pikiran secara lisan. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan
masalah, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang dapat menguasai keempat indikator pemecahan masalah yang ditentukan dalam penelitian yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah, serta memeriksa kembali
hasil, (2) Siswa yang berkemampuan pemecahan masalah matematis rendah tidak mampu menguasai keempat indikator pemecahan masalah yang ditentukan dalam penelitian yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah, serta memeriksa kembali Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan PBL, Kualitatif.


Ketersediaan

Agi.2016Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Skripsi Tahun 2016
No. Panggil
SKR.122423.2016
Penerbit Jurusan Pendidikan Matematika : SERANG.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2225122423
Klasifikasi
SKRIPSI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya